Pabrik Tangki storage Atau Storage Tank

Tanggal :08/06/2022 11.54.00 Penulis : Adi

Pabrik Tangki | Tangki Storage | Storage Tank


Daya tahan pemakaian sebuah tangki dipengaruhi beberapa faktor. Faktor desain material, fabrikasi, dan maintenance. Pada saat proses desain dan penentuan material yang digunakan dan proses produksi ini sangat penting dan berpengaruh terhadap daya tahan umur pakai tangki. Oleh karenanya memilih produk tangki yang tepat sangat penting.


Dalam beberapa kasus ada tangki-tangki memiliki umur pakai sampai 10 tahun bahkan mungkin lebih, dan ada sebagian tangki yang hanya bertahan sebelum lima tahun. 


Daya tahan masa pemakaian tangki yang berbeda ini juga dipengaruhi faktor penggunaan dan proses maintenance. Jika penggunaan sesuai spesifikasi kerja dan maintenance dilakukan secara berkala dan sesuai prosedur. Maka umur tangki semakin lama. 


Semakin lama umur pakai tangki, maka secara otomatis pengeluaran belanja dan operasional menjadi lebih efisien, berdampak pada bertambah keuntungan usaha Anda. Karena anda tidak perlu membeli tangki baru sebagai pengganti, atau mengeluarkan biaya perbaikan. 


Pada saat melakukan pembelian pertama kali, biasanya pihak produsen atau manual produk menjelaskan umur pakai penggunaan tangki hingga berapa lama , meskipun hanya estimasi dan cenderung tidak akurat setidaknya memberikan gambaran untuk menentukan rencana pengeluaran belanja kembali. Akan tetapi, umur pakai tangki yang diestimasi tadi, pada kondisi real hanya memiliki umur pakai yang pendek.Maka hal ini harus bisa dianalisa faktor penyebabnya. 


Karena hal tersebut banyak para pengguna tangki merasa bingung ketika tangki mengalami kendala dan kebocoran atau kerusakan dan tidak dapat digunakan. Jadi langkah-langkah apa yang bisa dilakukan agar kita memiliki tangki yang umur pemakainnya lebih lama?.


1.     Memilih produk tangki yang berkualitas 

Banyaknya produsen tangki seharusnya memberikan kemudahan bagi kita karena pilihan semakin banyak, sehingga harga semakin kompetitif. Tetapi jangan sampai kita dalam memilih tangki terjebak dengan murahnya harga tangki. Karena jika kita tidak jeli yang tadinya berniat berhemat dalam pengeluaran, yang timbul malah membengkaknya pengeluaran. 


Jangan sampai karena hanya selisih beberapa juta, kita malah mengorbankan kualitas tangki. Tangki dengan merek yang berkualitas seperti "Jaya Tank" tentu berbeda dengan tangki dari tidak bermerek produksi bengkel - bengkel. 


Dilihat dari segi harga kita bisa membandingkan produk, berdasarkan spesifikasinya seperti jenis material, ketebalan pelat, kelengkapan aksesoris penunjangnya yang didapatkan, garansi produk berapa lama, hal - hal ini yang harus dibandingkan. 


Jangan hanya sekedar harga, karena lebih murah dipilih, boleh jadi kita membeli produk sedikit lebih mahal, tapi mendapatkan tangki  berkualitas yang bisa digunakan hingga 10 tahun lebih.



2.      Penggunaan tangki sesuai spesifikasi operasional


Untuk memaksimalkan kinerja dan fungsinya serta terhindar dari masalah yang bisa muncul saat dioperasikan. Kita harus menggunakan tangki sesuai kapasitas dan karakteristik kerja yang dianjurkan. Spesifikasi teknis saat dioperasikan harus sesuai. Jika melebihi standar yang dianjurkan akan menambah beban kerja tangki, yang berakibat tangki mengalami kerusakan. Pastikan saat digunakan tangki memenuhi spesifikasi yang dianjurkan. Sehingga umur pakai tangki menjadi lebih lama.


3.       Pengecatan Tangki dilakukan secara berkala agar lebih awet


Kadang kita menaggap sepele pengecatan tangki hanya untuk estetika atau faktor keindahan saja, ternyata pengecatan tangki adalah salah satu langkah dalam melakukan perawatan tangki, pengecatan tangki bermanfaat untuk memperpanjang umur pakai tangki. Menjaga material tangki dari perubahan cuaca atau kontaminasi material yang bersifat korosif, dll.


Pemilihan cat yang digunakan khusus untuk tangki dan sesuai rekomendasi produsen atau penjual.



4.       Perbaikan Tangki yang mengalami kerusakan


Masalah bisa terjadi pada tangki baik, masalah secara kinerja dan fungsi atau kerusakan fisik. Ada kerusakan tangki yang sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki dan dapat mengganggu fungsi tangki atau dapat membahayakan jika tetap diopersionalkan.


Juga ada beberapa masalah/kerusakan yang masih bisa dilakukan perbaikan. Hal yang normal biasanya jika masa pakai tangki sudah lama, cenderung mengalami kerusakan. Alangkah baiknya kita dapat menyiapkan langkah-langkah apabila tangki harus menjalani proses perbaikan. Pertimbangkan resiko apa yang ditimbulkan jika tangki mengalami kerusakan, seperti siapa yang akan melakukan perbaikan, garansi produk, berapa lama proses perbaikan, sehingga bisa meminimalisir faktor kerugian waktu dan biaya. 


Adaanya langkah-langkah antisipasi yang sudah disiapkan akan memudahkan dalam pengambilan keputusan agar tidak mengganggu proses kerja yang berdampak pada kerugian waktu dan biaya. Karena baik perbaikan tangki atau produksi tangki keduanya memakan waktu. 


Oleh karenanya pastikan menggunakan produk "Jaya Tank" dengan material berkualitas dan proses fabrikasi yang berpengalaman membuatnya menjadi lebih tahan lama, bergaransi dan bersertifikat.


5.       Perawatan Tangki yang Rutin


Perawatan berkala semestinya harus tetap dilakukan untuk menjaga kinerja dan kualitas tangki tetap dalam kondisi optimal dan memperpanjang usia pakai tangki. Dengan perawatan yang rutin, kita dapat mengetahui setiap ada gejala kerusakan kecil, dan mencegah kerusakan lebih besar dengan melakukan perbaikan langsung.  


Perawatan rutin tangki dapat dilakukan setiap satu bulan sekali, enam bulan sekali atau menyesuaikan tergantung kebutuhan.


kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot