Fungsi Pressure Tank Membran dan Non Membran

Tanggal :22/11/2022 14.12.00 Penulis : Adi

Pressure Tank atau tangki bertekananan, artinya tangki yang mampu menyimpan material baik air dan atau udara yang bertekanan. Agar dapat dikontrol besarnya tekanan didalam tangki maka pompa/kompresor yang digunakan untuk mengisi tekanan pada tangki dikendalikan oleh sensor tekanan/pressure switch. Dimana pressure switch akan ON/OFF mematikan mesin pompa/kompresor ketika tekanan maksimal belum tercapai/tekanan maksimal sudah tercapai. 


Pressure tank ada type membran dan non-membran. Dimana pressure tank membran biasa digunakan pada water pressure tank, material membran berupa karet yang akan mengembang ketika air bertekanan masuk dan mengempis ketika air bertekanan keluar/berkurang. Fungsi membran ini juga untuk mengisolir air agar tidak menyentuh dinding tangki sekaligus memisahkan udara dengan air. 


Dengan demikian fungsi dari Pressure Tank yaitu :

1. Memastikan stabilitas tekanan air/udara tetap, meskipun terus digunakan dan menyama ratakan besar tekanannya dietiap pipa / keran outlet yang diigunakan. Sehingga dilokasi manapun keran outlet dibuka, tekanan akan tetap stabil. 


2. Dapat menghemat penggunaan energi listrik yang digunakan pompa. Dimana konsumsi listrik motor pompa/kompresor lebih tinggi pada saat pertama kali start, jika motor listik start lebih/terlalu sering, maka penggunaan energi listrik akan melonjak, sehingga secara berulang - ulang semakin besar daya listrik yang terpakai. Semakin jarang motor listrik start, maka konsumsi energi listrik semakin kecil .


3. Mencegah efek water hammer. suatu reaksi yang lonjakan tekanan tiba-tiba akibat on/off pompa/kompresor yang tejadi secara berulang-ulang yang dapat mengakibatkan kerusakan pipa pecah, dll. 


4. Sebagai suatu kesatuan sistem otomatisasi operasional pompa/kompresor yang bekerja berdasarkan sensor tekanan / pressure switch. Jika tidak ada pressure tank maka pressure switch terus mengedalikan pompa/kompresor bekerja setiap keran dibuka. Mesin terbebani dan lebih cepat mengalami kerusakan. Itulah mengapa pressure tank dan pressure switch wajib digunakan untuk menjaga ketahanan pompa/kompresor.  


Pabrikasi Pressure tank sesuai kapasitas yang dibutuhkan 500 liter, 1.000 liter, 1.500 liter, 2.000 liter, 2.500 liter, 3.000 liter, 4.000 liter, 5.000 liter, 6.000 liter, 8.000 liter, 10.000 liter, 20.000 liter, 24.000 liter, 30.000 liter, 35.000 liter, dan 50.000 liter.



kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

For more information please send me a message or contact us!

Search

Please enter the words you want to search in the field below

Tangki solar murah
Pressure tank
Sand/carbon filter tank
Pompa hydrant
Hot water tank
Tangki air panas 
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot