Filter Tank Menggunakan Media Filter Pasir Silika, Karbon Aktif, dan Mangaan

Tanggal :06/07/2022 15.12.00 Penulis : Adi

Filter Tank Menggunakan Media Filter Pasir Silika, Karbon Aktif, dan Mangaan

 

Mengetahui fungsi filter tank berdasarkan media yang digunakan akan memudahkan kita menentukan pilihan sesuai kebutuhan. Bagi sebagian besar kita yang masih awam dengan filter tank, maka kita mesti memahami prinsip kerja filter tank. 


Filter tank berfungsi untuk melakukan proses penyaringan air agar jernih dan memiliki kualitas baik atau layak untuk digunakan. Kualitas air sendiri sering kita mengalami masalah seperti air keruh berwarna kuning atau kecokelatanair berlumpur, air berlendir/berminyak atau air licin, air yang bau. air yang sudah terkontaminasi polutan atau air beracun. 


Berikut ini beberapa perbedaan filter tank  :


1.     Perbedaan berdasarkan pada media filternya

Sand filter tank menggunakan media pasir silika atau sand. Didalam filter tank media filter disusun secara berurutan dari bagian atas hingga bawah memakai perbandingan 3:4:4 pasir silika/kwarsa, kerikil kecil, kerikil sedang. 


Carbon filter tank menggunakan media carbon acive atau arang aktif yang terbuat dari arang batok kelapa atau arang kayu bakau.


Mangan Filter Tank menggunakan media pasir mangan dioksida (MnO2), pasir ini memiliki tampilan yang khas, yaitu butiran hitam.


2.      Fungsi utama media filter


Sand filter tank secara berfungsi untuk menyaring partikel-partikel kecil dalam air yang menyebabkan air berubah menjadi keruh tidak jernih. Partikel-patikel kecil ini bisa berupa lumpur, endapan pasir ataupun tanah yang larut dalam air. Sand filter tank ini biasanya digunakan sebagai filter permulaan sebelum difilter oleh tangki filter selanjutnya.


Carbon filter tank berfungsi menghilangkan bau pada air, dengan menyerap polutan atau partikel yang larut dalam air sehingga menyebabkan air menjadi berubah warna menjadi kuning kecokelatan dan berbau. Carbon filter tank berfungi menyerap bermacam-macam unsur atau polutan dalam air. 


Mangan filter tank berfungsi menghilangkan kandungan mangan dan kandungan minyak dalam air. 


3.       Daya Serap media filter


Jika diukur dari tingkatan daya serapnya maka dari 3 jenis media filter yang dijelaskan sebelumnya, media filter karbon aktif yang berdaya serap tinggi dan mampu menjernihkan air. Bukan saja mampu menyerap bau, media filter karbon aktifnya juga bisa menyerap zat beracun yang terkandung di dalam air. Media filter carbon active ini bebas dari penggunaan bahan kimia, karena dibuat dengan proses alami pembakaran, sehingga sangat aman digunakan dalam menjernihkan air.  


Media filter mangan sangat baik untuk menyaring air yang sebelumnya jernih, kemudian berubah menjadi banyak partikel karat yang muncul sebagai akibat bercampurnya Mangan, besi dengan udara yang mengakibatkan terbentuknya karat dalam air. 


4.       Kualitas penyaringan air yang dihasilkan


Jika dilihat dari tingkat kejernihan air yang dhasilkan oleh masing-masing filter tank, dan diurutkan maka kualitas air yang dihasilkan sand filter tank tidak terlalu jernih karena media pasir silika. berfungi sebagai pre-filter yang bertujuan menyaring partikel dalam air yang tidak terlarut dalam air dan kasat mata. Fungsi pre - filter menggunakan sand filter tank ini untuk memudahkan dalam proses penyaringan air oleh filter tank selanjutnya karena polutan berupa partikel-partikel besar sudah disaring terlebih dahulu oleh sand filter tank. 


Mangan Filter Tank hanya bisa menyaring air dari partikel karat sebagai reaksi mangan, zat besi dalam air dengan udara. 


Carbon filter tank dengan media karbon aktif bisa dibilang melakukan proses penyaringan paling baik karena selain mampu menjernihkan air, ia juga mampu menyerap bau dan zat beracun pada air. 


Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan dan perlu adalah mempertimbangkan kapasitas ukuran tangki filter yang harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.


5.       Fungsi media filter dalam Proses penyaringan


Seperti dijelaskan sebelumnya, kondisi air yang tercemar dan yang mengandung polutan berupa partikel baik yang kasat mata dan tak kasat mata. Masing-masing cara penanganannya berbeda. Sand filter tank diperuntukan untuk filter awalan untuk menghilangkan partikel yang cukup besar dan kasat mata dan tidak larut dalam air. 


Sehingga proses penyaringan selanjutnya setelah partikel yang terlihat telah disaring oleh media pasir silika, adalah proses menghilangkan partikel yang tidak terlihat berupa partikel karat yang larut dalam air dengan menggunakan media filter mangan. 


Sebagai filter tahap akhir kita menggunakan carbon fiter tank untuk menghasilkan air yang jernih. 


Jadi sistem filter secara berurutan yaitu, sand filter tank, mangan filter tank, carbon filter tank. 

WA kami dan dapatkan penawaran harga pabrik sand filter tank, mangan filter tank, carbon filter tank. Termurah, beragaransi 1 tahun, bersertifikat, gratis kirim area Jakarta.  

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

For more information please send me a message or contact us!

Search

Please enter the words you want to search in the field below

Tangki solar murah
Pressure tank
Sand/carbon filter tank
Pompa hydrant
Hot water tank
Tangki air panas 
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot